Bidikan Sang Juara SEA Games

ikan sumpitIndonesia menargetkan peringkat II di SEA Games Tahun 2019. Hal tersebut membuat semangat para atlet membara untuk meraih kemenangan. Salah satunya lomba cabang pemanah Indonesia yang telah menyambat dua mendali emas. Tak kalah hebat dengan 'Sang Pemanah' dalam air. Julukan ini diberikan kepada ikan sumpit (Toxotes jacularix Pallas 1767), salah satu jenis ikan air tawar yang unik karena memiliki kemampuan luar biasa dalam mendapatkan makanannya. Ikan ini akan menembakkan air dari mulutnya ke mangsanya yang berada di ranting atau dedaunan di atas permukaan air, akibatnya serangga yang dipanah akan jatuh ke permukaan air dan menjadi santapannya.

Ikan sumpit dengan keunikan tersendiri seperti di atas, perlu dijaga dan dilestarikan keberlangsungan hidupnya. Beberapa peneliti melakukan penelitian terkait hal tersebut. Jika Anda tertarik mengetahui lebih jauh tentang biologi dan ekologi ikan ini, Anda dapat membacanya pada Jurnal Iktiologi Indonesia Vol 14(3): 235-245  dengan judul artikel "Kematangan gonad ikan sumpit (Toxotes jaculatrix, Pallas 1767) pada salinitas berbeda”  yang ditulis oleh Melta Rini Fahmi dan Asep Permana tahun 2014.

--- Dirangkum oleh :Yutra, M.S., & Novita,Dita E,2019. Sekolah Tinggi Perikanan, Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor ; Sumber foto: emmaferdian.blogspot.com