macropinna_microstoma

Ikan bermata tabung dan berkepala transparan

macropinna_microstoma

Ikan Barreleye (Macropinna microstoma) pertama sekali dideskripsikan pada tahun 1939. Ikan ini hidup pada kedalaman mesopelagic (600-800 m) di Teluk Monterey dan di beberapa wilayah perairan sub-Artik dan sub-tropis Pasifik Utara. Mata ikan berbentuk tabung dengan lensa mata berwarna hijau ini diyakini tetap pada posisinya dan hanya mampu melihat padangan lurus/horizon.

Namun Peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute memecahkan misteri mengenai ikan bermata tabung dan kepala transparan ini. Terungkap bahwa mata ikan tersebut dapat berputar dalam perisai transparan yang menutupi kepala ikan. Hal ini memungkinkan ikan ini dapat melacak mangsa di bagian dorsal (atas) dan bisa fokus untuk menangkap mangsa yang potensial. Mata yang terbungkus dalam perisai transparan yang menutupi bagian atas kepala dapat memberikan perlindungan dari sengatan tentakel Cnidaria, salah satu jenis makanan ikan Macropinna.

Beberapa pola adaptasi lainnya yang dikembangkan oleh spesies ini adalah mempunyai sirip yang besar dan datar yang memungkinkan ikan ini tetap mengapung dan tidak bergerak di kolom air dan dapat segera melakukan manuver; selanjutnya spesies ini memiliki mulut yang kecil yang menunjukkan bahwa ikan ini sangat selektif dalam memilih menu makanan. Di sisi lain, sistem pencernaan ikan sangat besar, memungkinkan ikan ini bisa mengkonsumsi berbagai jenis biota laut yang melayang di kolom air.

Ikan menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam posisi mengapung tanpa bergerak di kolom air dengan posisi tubuh horizontal dan matanya melihat ke atas (ke arah permukaan laut). Pigmen hijau dalam matanya dapat menyaring sinar matahari dari permukaan laut, sehingga memudahkan ikan ini dalam melacak cahaya bioluminescent hewan jeli dan biota lainnya. Saat bintik bioluminescent mangsa (misalnya drifting jelly) tertangkap oleh mata ikan barreleye, maka segera mata ikan akan berotasi ke depan dan ikan akan berenang ke atas dan siap untuk menangkap mangsa.

Info lebih lanjut mengenai ikan ini dapat dibaca pada Jurnal Copeia berikut:
Macropinna microstoma and the paradox of its tubular eyes

dan tayangan video ikan barreleye yang terekam oleh Monterey Bay Aquarium Research Institute:
Macropinna microstoma: A deep-sea fish with a transparent head and tubular eyes