rebellatrix_divaricerca

Rebellatrix divaricerca, gen. et sp. nov., spesies baru kelompok ikan Coelacanth

rebellatrix_divaricercaReconstruction of Rebellatrix divaricerca (Source: Wendruff & Wilson, 2012)

Variasi ikan purba Coelacanth bertambah dengan ditemukannya spesies yang baru hasil identifikasi fosil ikan. Fosil dikoleksi pada tahun 1950-an dan 1980-an di lembah Wapiti Lake Provincial Park di British Columbia, Kanada. Area ini adalah wilayah pantai barat superbenua Pangaea pada masa lalu. Spesimen disimpan di Royal Tyrell Museum di Alberta dan Peace Region Palaentology Research Center di British Columbia. Identifikasi dimulai tahun 2009.Ikan Coelacanth yang baru ini diberi nama , gen. et sp. nov.

Spesies ini dideskripsikan oleh Andrew J. Wendruff dan Mark V.H. Wilson, peneliti dari Department of Biological Sciences and Laboratory for Vertebrate Paleontology, University of Alberta, Edmonton, Alberta T6G 2E9, Canada.

Berbeda dengan fosil hidup coelacanth yang ditemukan seperti Latimeria chalumnae maupun Latimeria menadoensis yang umumnya memiliki sirip ekor yang membundar dan tegak (ciri ikan yang berenang lambat dan dalam jarak pendek), spesies yang baru ini memiliki bentuk sirip ekor cagak (garpu) yang relatif ramping dan berotot. Fenomena ini memperkuat dugaan bahwa ikan ini adalah ikan perenang cepat dan memburu mangsanya seperti lazim ditemukan pada ikan kelompok Scombridae (misalnya tuna).

 

Informasi lebih jauh dapat dibaca pada jurnal berikut:

A Fork-Tailed Coelacanth, Rebellatrix divaricerca, gen. et sp. nov. (Actinistia, Rebellatricidae, Fam. Nov.), from The Lower Triassic of Western Canada