odontanthias_randalli

Spesies baru ikan Serranidae dari Lombok, NTB

Penemuan spesies baru tidak selalu harus dengan ekspedisi yang mahal dan jauh. Spesies baru ikan Serranidae ditemukan di tempat pendaratan ikan Tanjung Luar, Lombok, Nusa Tenggara oleh Mr. W. T. White dari CSIRO Marine & Atmospheric Research dan Bapak Dharmadi pada tanggal 24 Januari 2011.

Spesies ini diberi nama Odontanthias randalli dengan nama umum Lombok Swallowtail. Nama spesies baru ini diambil dari nama John E. Randall, iktiologist senior yang telah berkontribusi besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan tentang subfamili Anthiinae dari Famili Serranidae khususnya di perairan Indo-Pasifik.

Spesies baru ini dapat dibedakan dari spesies lainnya dari genus yang sama dengan mempertimbangkan beberapa kombinasi karakter jari-jari lemah sirip punggung berkisar antara 16-17, sisik pada¬† garis sisi berkisar antara 37-29, jari-jari keras ketiga sirip punggung paling panjang di antara jari-jari lainnya, jari lemah sirip punggung ketiga berbentuk filamen, sirip ekor berbentuk sabit dengan kedua ujung sirip berbentuk filamen yang panjang, perbandingan tinggi badan dengan panjang baku berkisar antara 2,2-2,5; susunan gigi vomerin berbentuk kepala anak panah, tubuh berwarna kemerahan dengan bintik-bintik kuning cerah di bagian dorsal dan empat bercak merah muda pucat pada dasar sirip punggung. Penemuan ini telah dimuat di Zootaxa 3015:21-28 tahun 2011 dengan judul Odontanthias randalli n. sp., a new anthiine fish (Serranidae: Anthiinae) from Indonesia”.