osteochilus_partilineatus

Untaian Mawar di Bibir Ikan

Bagaimana mungkin ada untaian mawar di bibir ikan? Mungkin ini yang pertama terlintas dalam benak kita saat membaca judul di atas. Namun struktur berbentuk bunga mawar memang benar dijumpai pada bibir ikan Osteochilus partilineatus yang dideskripsi oleh Kottelat tahun 1995 dan telah dimuat dalam Raffless Bulletin of Zoology, 43 (1) di halaman 51-64.

Sebetulnya pada tahun 1992 penulis mendapatkan kesempatan untuk melakukan kerja lapang di DAS Kapuas, Kalimantan Barat. Pada saat itu sedang meneliti ikan Botia (Chromobotia macracanthus), namun berkesempatan untuk mengoleksi ikan Osteochilus partilineatus ini dari Sungai Tayan, Kabupaten Sanggau dan sudah menduganya sebagai jenis yang berbeda dengan spesies yang sudah ada, namun ternyata jenis ini dideskripsi lebih dulu oleh ahlinya, Maurice Kottelat.  Dalam bukunya yang berjudul “The freshwater fishes of western Borneo” Tyson Roberts (1989) telah mengungkapkan struktur bibir dari 7 jenis ikan Osteochilus yang dijumpainya di DAS Kapuas. Penulis yakin ada sesuatu yang berbeda dari ikan ini, lalu dilakukan preparasi untuk mengamatinya di dalam scanning electron microscope (SEM) dan membandingkannya dengan 7 jenis yang telah disampaikan oleh Roberts (1989). Ternyata struktur bibir ikan ini sangat berbeda dengan jenis-jenis lainnya.

Struktur bibir ikan Osteochilus partilineatus

Tulisan mengenai struktur bibir ikan ini telah dipublikasikan dalam jurnal terbitan Puslit Biologi-LIPI yaitu Berita Biologi volume 6 nomor 4 (Hadiaty, 2003). Namun demikian penulis beranggapan bahwa tidak banyak orang yang dapat mengakses jurnal ini, sehingga diharapkan dengan memuatnya di laman MII akan lebih banyak para pemerhati ikan Indonesia yang mengetahui keistimewaan ikan ini. Penggunaan scanning electron microscope (SEM) ini sangat membantu kita dalam mempelajari detail struktur suatu organisme/non organisme yang tidak bisa diperlihatkan oleh mikroskop biasa. Setelah dilihat melalui SEM, ternyata bibir ikan ini terlihat sangat istimewa, ada beberapa baris untaian bunga mawar di bibir Osteochilus partilineatus, bentuk ini merupakan bintil perasa (taste buds).

Adapun struktur dari bibir Osteochilus partilineatus sebagai berikut:

struktur_bibirGambar Struktur bibir ikan O. partilineatus hasil pengamatan di SEM:
(A) Penampang bibir keseluruhan, (B). Struktur bibir sebelah kiri, (C) Untaian mawar di bibir

bintil_perasa
Gambar Tekstur bintil perasa yang sangat indah, menyerupai bunga mawar yang kelopaknya sedang mengembang

Daftar Pustaka

Hadiaty RK & Siebert DJ. 2003. Sex dimorphism and notes on the biology of Osteochilus partilineatus Kott. from Putat River, Sanggau, West Kalimantan. Jurnal Ilmu-ilmu Perairan dan Perikanan Indonesia, 10(2): 117-120.

Hadiaty RK, 2003. Struktur bibir ikan Osteochilus partilineatus Kott. dan perbandingannya dengan 7 jenis Osteochilus lainnya (The Comparison of lips structure of  Osteochilus partilineatus  Kott. with  the  other 7 kinds of Osteochilus).  Berita Biologi, 6(4): 583-588.

Kottelat, M. 1995. Four new species of fishes from middle Kapuas basin, Indonesian Borneo (Osteichthyes: Cyprinidae and Belontiidae). The Raffless Bulletin of Zoology, 43 (2): 51-64.

Ditulis oleh:
Dra. Renny K. Hadiaty
(Sekretaris MII)